Kamis, 01 September 2016

Banyuwangi





      Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa timur yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa. Di Banyuwangi terdapat sebuah suku yang bernama suku Osing. Dan suku inilah yang memiliki keterkaitan tentang terbentuknya Banyuwangi yang saat ini disebut sebagai Bumi Blambangan. Banyuwangi  memiliki berbagai macam budaya seperti tari daerah, musik daerah, makanan yang fenomenal dan juga upacara-upacara adat di suatu daerah yang dianggap mistis J maka tak heran jika tanah kelahiranku ini disebut sebagai kota magic. Tapi, hal inilah yang membuat banyak wisatawan domestik maupun mancanegara penasaran dengan Banyuwangi.
           
Di Banyuwangi, banyak tarian daerah yang dibuat oleh seniman-seniman setempat, seperti, tari kuntulan, tari jaran goyang, tari gandrung, tari seblang, tari puputan bayu,dll. Namun, dari sekian banyak tarian, yang menjadi ciri khas atau icon dari kota Banyuwangi ini adalah Tari Gandrung. Yaitu tarian yang diartikan sebagai perwujudan rasa syukur kepada dewi sri/dewi padi yang menurut kepercayaan membawa kemakmuran dalam hal pertanian. Bukan hanya tarian gandrung saja, namun semua tarian pun memiliki makna dan amanat di setiap gerakannya. Bahkan, kostum yang digunakan pun cukup menarik. Selain itu, ada juga musik tradisional seperti kendang kempul.
            Bukan hanya tarian, Banyuwangi juga memiliki beberapa upacara adat dan tradisi yang sampai sekarang masih dilakukan, seperti upacara adat seblang yang yang dilakukan untuk bersih desa dan tolak bala, upacara ini hanya akan dijumpai di desa glagah dan desa olehsari. Uniknya, upacara seblang ini dilakukan oleh wanita berusia 50 tahun keatas yang sudah menopause sebagai tokoh utama. Lalu, ada juga upacara adat kebo-keboan, upacara ini dilaksanakan untuk memohon turunnya hujan pada saat kemarau panjang agar petani bisa kembali bercocok tanam dan upacara ini hanya ada di desa alasmalang. Ada juga upacara petik laut yang ada di daerah muncar. tradisi ini dilakukan sebagai ucapan syukur para pelaut akan hasil laut yang melimpah ada juga tradisi endog-endogan yang dilakukan saat hari maulid nabi.dsb.
            Selain kesenian dan tradisi, Banyuwangi juga terkenal dengan keindahan alamnya. Banyak sekali panorama alam yang disuguhkan disana seperti pulau merah, teluk ijo, pantai watu dodol, pantai plengkung, kawah ijen, air terjun kalibendo, pantai penyu sukamade, pemandian umbul, dan masih banyak lagi.
           
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© MIMI Template designed by Juvmom - Sesukamu