Selasa, 18 November 2014

PLTA ( ANGIN )



PLTA ( ANGIN )
Pembangkit listrik tenaga angin adalah suatu pembangkit listrik yang menggunakan angin sebagai sumber energi untuk menghasilkan energi listrik. Pembangkit ini dapat mengkonversikan energi angin menjadi energi listrik dengan menggunakan turbin angin atau kincir angin. Sistem pembangkitan listrik menggunakan angin sebagai sumber energi merupakan sistem alternatif yang sangat berkembang pesat, mengingat angin merupakan salah satu energi yang tidak terbatas di alam.
Komponen-komponen dalam pembangkit listrik tenaga angin :
1.       Anemometer, untuk mengukur kecepatan angin dan mengirimkan data kecepatan angin ke pengontrol
2.       Blades, kebanyakan turbin baik dua atau tiga pisau. Angin bertiup diatas menyebabkan pisau –pisau untuk mengangkat dan berputar
3.       Brake, digunakan untuk menjaga putaran pada poros setelah gearbox agar bekerja pada titik aman saat terdapat angin yang besar. Alat ini perlu dipasang karena generator memiliki titik kerja aman dalam pengoperasiannya.
4.       Controller, yaitu pengontrol mesin kecepatan angin . namun, alat ini dapat rusak karena angin yang kencang
5.       Gear box, menghubungkan poros kecepatan tinggi di poros kecepatan rendah.
6.       Generator, biasanya standar induksi generator yang menghasilkan listrik dari 60 sikluslistrik AC
7.       High speed shaft (drive generator )
8.       Low speed shaft, mengubah poros rotor kecepatan rendah sekitar 30-60 rotasi per menit
9.       Nacelle, berada diatas menara dan berisi gearbox, poros kecepatan tinggi dan rendah , generator, kontrol, dan rem
10.   Pitch
11.   Rotor
12.   Tower
13.   Wind direction
14.   Wind vane
15.   Yaw drive
16.   Yaw motor
17.   Baterai ( penyimpan energi )


Cara kerja pembangkit listrik energi angin:
Proses penbangkitan ini berawal dari energi angin memutar turbin angin.kemudian angin akan memutar sudut turbin , lalu diteruskan untuk memutar rotor pada generator di bagian belakang turbin angin . generator mengubah energi gerak menjadi energi listrik dengan teori medan elektromagnetik. Lalu, generator mulai berputar sehngga akan dihasilkan tegangan dan arus listrik tertentu. Tegangan dan arus listrik yang dihasilkan oleh generator ini berupa AC . energi listrik ini biasanya akan disimpan kedalam baterai sebelum dapat dimanfaatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© MIMI Template designed by Juvmom - Sesukamu