Jumat, 14 November 2014

Ikan Nila



Pembudidayaan ikan nila

Ikan nila merupakan ikan jenis konsumsi yang hidup di air tawar. Ikan nila ini cenderung sangat mudah dikembangbiakkan serta sangat mudah dipasarkan karena merupakan salah satu jenis ikan yang paling sering dikonsumsi sehari-hari. Dengan teknik dan cara budidaya ikan nila yang sangat mudah, serta pemasarannya yang cukup luas, menjadikan budidaya ikan nila ini sebagai peluang usaha yang bagus untuk dilakukan, baik skala rumah tangga maupun skala besar.

Cara budidaya ikan nila :
1.      Penyiapan kolam
Kolam sebaiknya berupa kolam tanah yang luasnya 50-100 meter persegi. Adapun syarat kolam pemijahan adalah suhu air berkisar antara 20-22 derajat C, kedalaman air 40-60 cm, dasar kolam sebaiknya berpasir
2.      Peralatan
Alat-alat yang biasa digunakan dalam usaha pembenihan ikan nila diantaranya adalah : jala, waring, hapa ( kotak dari jaring untuk menampung sementara induk maupun benih ), seser, ember-ember, baskom berbagai ukuran, timbangan skala besar dan kecil, cangkul, arit, dan pisau.
3.      Persiapan media
Yaitu melakukan penyiapan media untuk pemeliharaan ikan, terutama mengenai pengeringan dn pemupukan. Dalam menyiapkan media pemeliharaan, yang perlu dilakukan adalah pengeringan kolam selama beberapa hari. Lalu dilakukan pengapuran untuk memberantas hama dan ikan-ikan liar.

Ukuran induk yang baik untuk dipijahkan yaitu 120-180 gram per ekor dan berumur sekitar 4-5 bulan. Ciri- ciri induk betina dan jantan :

·         Betina
-          Terdapat 3 buah lubang urogenital ( dubur, lubang pengeluaran telur, lubang urine )
-          Ujung sirip berwarna kemerah-merahan pucat tidak jelas
-          Warna perut lebih putih
-          Warna dagu putih
-          Jika perut di striping tidak mengeluarkan cairan
·         Jantan
-          Terdapat 2 lubang urogenital ( anus, lubang sperma merangkap lubang urine)
-          Ujung sirip berwarna kemerah-merahan terang dan jelas
-          Warna perut lebih gelap/ kehitam-hitaman
-          Warna dagu kehitam-hitaman
-          Jika perut di striping mengeluarkan cairan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© MIMI Template designed by Juvmom - Sesukamu