Senin, 17 November 2014

PLTA ( AIR )



Pembangkit listrik tenaga air
Pembangkit listrik tenaga air (PLTA)  merupakan pembangkit tenaga listrik yang mengubah energi potensial air menjadi energi listrik. Mesin penggerak yang digunakan adalah turbin air untuk mengubah energi potensial air menjadi kerja mekanis poros yang akan memutar rotor generator untuk menghasilkan energi listrik.
Komponen – komponen dalam PLTA berupa Dam, turbin, generator, trafo/transformator, dan transmisi.
1.      Dam, berfungsi untuk menampung air dalam jumlah besar karena turbin memerlukan pasokan air yang cukup dan stabil. Selain itu, dam juga berfungsi untuk pengendalian banjir.
2.      Turbin, berfungsi untuk mengubah energi potensial menjadi energi mekanik. Air akan memukul turbin sehingga turbin berputar. Perputaran turbin ini dihubungkan ke generator.
3.      Generator, dihubungkan ke turbin dengan bantuan poros dan gearbox. Memanfaatkan perputaran turbin untuk memutar kumparan magnet didalam generator sehingga terjadi pergerakan elektron yang membangkitkan arus AC
4.      Trafo/Transformator, digunakan untuk menaikkan tegangan arus bolak-balik(AC) agar listrik tidak banyak terbuang saat dialirkan melalui transmisi. Travo yang digunakan adalah travo step up
5.      Transmisi, berguna untuk mengalirkan listrik dari PLTA ke rumah-rumah atau industri. Sebelum listrik kita pakai tegangannya, diturunkan lagi dengan travo step down
Cara kerja PLTA
1.      Bendungan , berfungsi menaikkan permukaan air sungai untuk menciptakan tinggi jatuh air. Selain menyimpan air, bendungan juga dibangun dengan tujuan untuk menyimpan energi.
2.      Turbin, gaya jatuh air yang  mendorong baling- baling menyebabkan turbin berputar. Turbin air kebanyakan seperti kincir angin, dengan menggantikan fungsi dorong angin untuk memutar baling-baling digantikan air untuk memutar turbin. Selanjutnya turbin merubah energi kinetik yang disebabkan gaya jatuh air menjadi energi mekanik.
3.      Generator, dihubungkan dengan turbin melalui gigi-gigi putar sehingga ketika baling-baling turbi berputar maka generator juga ikut berputar. Generator selanjutnya merubah energi mekanik dari turbin menjadi energi elektrik. Generator di PLTA bekerja seperti halnya generator pembangkit listrik lainnya.
4.      Jalur Transmisi, berfungsi menyalurkan energi listrik dari PLTA menuju rumah-rumah dan pusat industri


http://teknik-listrik-unbari.blogspot.com/2013/02/pembangkit-listrik-tenaga-air.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© MIMI Template designed by Juvmom - Sesukamu