Selasa, 18 November 2014

PLTN



PLTN

Pembangkit listrik tanaga nuklir (PLTN) adalah stasiun pembangkit listrik thermal dimana panas yang dihasilkan diperoleh dari satu atau lebih reaktor nuklir di dalamnya. Dalam  PLTN , terdapat satu atau lebih suatu reaktor nuklir di dalamnya. Dalam reaktor nuklir tersebut, berlangsung reaksi nuklir. Reaksi nuklir tersebut menghasilkan panas yang tinggi. Panas ini yang kemudian digunakan untuk menghasilkan listrik.

Komponen utama dalam PLTN :

1.      Tangki reaktor, ( bisa berupa tabung ) berfungsi sebagai wadah untuk menempatkan komponen-komponen reaktor lainnya dan sebagai tempay berlangsunnya reaksi nuklir .
2.      Teras reaktor, berfungsi sebagai tempat untuk bahan bakar. Teras reaktor dibuat berlobang untuk menempatkan bahan bakar reaktor yang berbentuk batang. Teras reaktor dibuat dari logam yang tahan panas dan tahan korosi
3.      Bahan bakar nuklir, adalah komponen utama yang memegang peranan penting untuk berlangsungnya reaksi nuklir . bahan bakar dibuat dari isotop alam seperti uranium, yang mempunyai sifat dapat membelah apabila bereaksi dengan neutron.
4.      Bahan pendingin, untuk mencegah agar tidak terjadi akumulasi panas yang berlebihan pada teras reaktor, maka dapat dipergunakan bahan pendingin untuk pertukaran panasnya. Bahan pendingin ini bisa digunakan air atau gas.
5.      Elemen kendali, dibuat dari bahan yang dapat menangkap atau menyerap neutron. Elemen kendali juga berfungsi untuk menghentikan operasi reaktor sewaktu-waktu apabila terjadi kecelakaan
6.      Moderator, berfungsi untuk memperlambat laju neutron cepat yang dihasilkan dari reaksi inti hingga mencapai kecepatan neutron thermal untuk memperbesar kemungkinan terjadinya reaksi nuklir selanjutnya . bahan yang digunakan untuk moderator adalah air atau grafit.

Prinsip kerja PLTN :
Yaitu, air diuapkan dalam suatu ketel melalui pembakaran. Uap yang dihasilkan dialirkan ke turbin yang akan bergerak bila ada tekanan uap. Perputaran turbin digunakan menggerakkan generator , sehingga menghasilkan energi listrik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© MIMI Template designed by Juvmom - Sesukamu